Selamat Datang, Silahkan Menikmati Fitur Yang Telah Kami Siapakan

Saturday, December 15, 2012

Motor Yamaha YZF-R6 Menyerupai Motor GP

Name:  2011-yamaha-yzfr6f.jpg
Views: 2499
Size:  56.4 KB
Motor sport Yamaha terkeren diantara yang keren telah mengumumkan line up terbaru supersport terbaru mereka, yaitu Yamaha YZF-R6 untuk tahun 2012, dan dibanding pabrikan lainnya. Ada beberapa fitur dan spesifikasi yang sudah di sebutkan diantaranya desainnya yang ala MotoGP dan dengan teknologi terbaru namanya Yamaha Chip Control Throttle, dengan konsumsi bensin mencapai 17kpl/48mpg. Dengan mesin 599cc, 4 silinder, 16 katup dari titanium dan pendingin cair, Bore x stroke-nya 62 x 42,5 dan ditambah dobel Injektor cukup membuat motor ini menjadi idaman.

Injektor sekunder akan beroperasi lewat 12 lubang pada rpm 6000 sampe 7000 sampe pada top speed, dan yang tidak kalah menarik adalah fitur Yamaha Chip Control Throttle (YCC-T), fitur ini berkolaborasi dengan Throttle Positiion sensor (TPS) dan mengontrol katup gas secara elektronis untuk respon dan kontrol pada RPM tinggi bahkan cuma perlu 0,3 detik untuk sistem pengontrolan RPM dari tinggi ke rendah dan sebaliknya.

Fitur tambahan lainnya yaitu EXUP (Exhaust Ultimate Power Valve) yang bisa memaksimalkan penikungan dan kestabilan dalam kecepatan tinggi dan Air Injection System (AIS) yang menyuntikan udara segar untuk mengoptimalkan pembakaran dan mengurangi emisi gas buang macam HC dan CO. Dobel sok adjustable sudah diaplikasikan di motor ini, bedanya yang belakang pake monocross, cukup nyaman, apalagi tangki yang pas dengan postur tubuh rata-rata dengan kapasitas BBM 17, 5 liter dan cadangan 3,5 liter.

Yamaha telah menyiapkan empat model dalam rangka menyambut ulang tahun ke-50 partisipasi di ajang balap Grand Prix. Salah satu modelnya adalah YZF-R6. Motor sport berkapasitas 600 cc ini akan mendapat baju baru seperti yang dikenakan motor Jorge Lorenzo dan Ben Spies saat beraksi di kejuaraan MotoGP di seri Laguna Seca dan Assen.

Aura sporty begitu kuat terpancar dari diri R6. Sudut-sudut lancip yang menginsyaratkan keagresifan begitu terlihat dalam motor ini. Hal tersebut diwujudkan pada spakbor, cover headlamp, fairing sampai buritan. Tampilan R6 dengan baju baru tersebut dapat dipastikan akan semakin berkarakter. Terlebih lagi R6 menjadi salah satu produk andalan Yamaha dikelasmotorsport kelas menengah.

Pada rangka, R6 diperkuat sasis Deltabox alumunium yang menawarkan keseimbangan sempurna sehingga lincah dan ringan saat digunakan. Sasis ini terinspirasi inovasi MotoGP dimana Yamaha menyebutnya Straight Frame Concept.

Untuk meningkatkan kenyamanan berkendara tentunya harus memiliki suspensi yang berkualitas. Disektor depan berdiri tegak shock upside down 43mm dan shock Monocross dibelakang untuk menaklukan getaran atau guncangan saat melintasi jalan bergelombang.

Sistem pengereman, R6 menggunakan cakram ganda 310mm yang dijepit dengan kaliper empat piston lansiran Brembo untuk bagian depan. Sedangkan belakang menggunakan cakram 220mm dengan kaliper satu piston.

Yamaha R6 mengandalkan mesin DOHC 16 katup 4 silinder segaris dengan pendingin cairan berkapasitas 599cc. Dengan menggunakan katup berbahan titanium yang terkenal ringan namun kuat sehingga mampu menghasilkan tenaga yang luar biasa. Mesin ini akan bersanding dengan transmisi enam percepatan.

No comments:

Post a Comment