Komparasi Honda New Megapro VS Yamaha Byson Versi TMCblog.com Agustus 24, 2010
Posted by Taufik in Honda, yamaha.Tags: Honda New Megapro, Yamaha Byson
trackback
Bro sekalian, Honda New Megapro dan Yamaha Byson merupakan dua Varian Motor kelas Mid-End Sport yang oleh kedua pabrikan di persiapkan dengan baik dan serius, ini dapat dilihat dari berbagai fitur dan teknologi yang menempel pada keduanya. Akan tetapi kehadirannya yang hanya berselang waktu sedikit membuat banyak pertanyaan, mana diantara keduanya yang paling cocok sesuai kebutuhan dan riding style kita sekalian. Saya berharap artikel ini bisa semakin mempertajam pilihan bro semua terhadap motor apa yang akan bro sekalian Pilih diantara keduanya. Patut Dicatat, bahwa saya menganjurkan bro sekalian untuk mencoba langsung, atau minimal nyemplak motor ini secara langsung untuk mendapatkan feel pribadi bro sendiri. Artikel ini adalah murni hasil impresi saya pribadi terhadap keduanya, jika ada yang tidak berkenan semuanya ini hanya datang dari kelemahan diri saya sendiri sebagai Biker Biasa . . . so mari kita Mulai
Penampilan Fisik
Penampilan Honda New Megapro dan yamaha Byson Boleh dibilang merupakan sebuah Lompatan desain yang dilakukan oleh kedua pabrikan yang seakan lepas dari kungkungan desain konvensional seperti headlamp bulet, spidometer analog dll.
Honda New Megapro Tampil sangat Fress dan Guanteng bahkan hal-hal detail kecil macam lampu sen pun diganti . . . dan satu lagi Pelat nomer polisi di spatbor belakang punya lampu sendiri . . .moge style. Honda mencoba menampilkan tampilan Garang dengan Headlamp street fighter dan shroud besar . .. ini dipercantik oleh pesona kaki-kaki belakang nan jenjang yang diperkuat aura monoshok dan rem cakram belakang. sepertinya cukup Pas kalo Mario YAMA CARLOS yang facenya cukup metropolis yang ditunjuk jadi Brand ambasador produk ini, cmiiw



Mesin dan Performanya
Honda New Megapro dan Yamaha Byson keduanya dibekali mesin 1 silinder 2 klep SOHC.
Menurut Klaim Pabrikan Untuk Honda New Megapro Daya max 13,7 ps (13.512 hp) @8500 rpm dan torsi max 1,31 kgf.m ( 12, 846 NM ) @6500 rpm yang sepertinya diukur di shaft sedangkan Menurut Klaim Yamaha . . . Yamaha Byson memiliki Power max 10,1 KW (13.544 hp)@7.500 rpm dan torsi max di 13,5 NM @6000 rpm Dari data-data ini terlihat bahwa keduanya memiliki sifat performa yang berbeda, New Megapro memiliki band power dan torsi yang runut dan teratur, hal ini tentu akan memudahkan bagi pengendara awal untuk mencobanya, ini plus ditambah fakta di jalan bahwa RPM Mesin cukup linear dengan power yang dimuntahkan, sedangkan yamaha Byson memiliki peak di RPM yang lebih rendah, menunjukan bahwa sifat performa mesin yang cenderung agak rush walau tidak terlalu signifikan. . . cocok buat city ride yang mengedepankan torsi, akan tetapi bagi pengendara pemula bisa jadi agak sedikit butuh penyesuaian dengan karakter mesin seperti ini, cmiiw




Pengenai performa pengereman keduanya memiliki kelebihannya masing-masing dimana New Megapro menawarkan proporsi pengereman yang tepat antara remdepan cakram 2 piston dan rem cakram belakang cakram 1 piston, kombinasi ini cukup aman untuk mengerem laju New Megapro. Sedangkan Byson sepertinya memang berfikiran bahwa rem depan adalah variabel yang lebih utama, bro dapat rasakan feel pakemnya rem depan Byson ini lumayan banget.
Riding Style
Dari awal saya sudah mendeclare bahwa Honda New Megapro dan Yamaha Byson memiliki riding style yang berbeda.
New Megapro masih mengedepankan riding style yang sama dengan para pendahulunya, ini dibuktikan dengan penjelasan dari fihak internal Honda bahwa segitiga ergonomi New Megapro sama pleq dengan segitiga ergonomi Old megapro.Riding Style New Megapro yang lumayan umum dan konserfatif menurut saya lebih mudah di lahap oleh para pengguna baru motor sport dan umumnya rider, sedangkan Byson yang menggunakan setang lebar mengedepankan ergonomi unik ala naked Bike FZ seriesnya Yamaha. Tinggal sekarang terserah konsumen mau pilih yang mana sesuai needs dan wants nya . ..

Kalo ditanya pendapat Pribadi Bagi saya riding style New Megapro gak ada cacatnya dan sudah terbukti sesuai dan stabil untuk perjalanan jauh dan dekat
(maklum saya belajar motor pake megapro dan motor pertama Tiger), cuma saya lumayan kesengsem sama riding stylenya Byson yang bagi saya memberi Nuansa riding sedikit berbeda. Plus Nilai lebih dari Yamaha Byson Ini terletak di kestabilannya yang menurut saya lebih ‘ANTEB’ ( saya belum memperoleh padanan katanya nih
) , entah resep hitungan geometri dan inersia apa yang digunakan para insinyur Yamaha sehingga motor ini terlihat cukup stabil digeber baik di putaran rendah maupun tinggi.


Faktor Nonteknis, harga, layanan purna jual, jaringan
Walau ditaroh di terakhir bukannya tidak dianggap penting . . . Jaringan dan Layanan Purna Jual Honda dan yamaha tidaklah diragukan lagi reabilitynya . .. so anggaplah berimbang .
Harga keduanya New Megapro 19,5 Juta (vers CW) dan Byson 19,9 Juta masih cukup terlihat kompetitif, ini sangat menunjukan kodisi persaingan di India sana dimana FZ 16 Juga dibandrol lebih tinggi dari Dazzler. Honda Memiliki keuntungan Momentum dengan merilis terlebih dahulu dan keuntungan kelonggaran line up produksi karena dapat dipastikan Megapro lama lengser dengan hormat . . .dan line up produksinya langsung bisa digeber . .. sehingga proses inden sepertinya bisa di tekan lebih pendek, dan konsumen bisa terpuaskan lebih cepat !! . . . namun ini sepertinya tidak terjadi Bagi yamaha, yang nota benenya masih mempertahankan Line Up Yamaha Vixion di segmen Mid-End sport ini . .. Yamaha harus berupaya memanage strategy multi brandingnya dengan apik . . . saling share kapasitas pabrik sudah merupakan suatu keharusan jika memang kapasitas terbatas.

and last but not least . .. saya sih berharap motor variabel gabungan keduanya : dengan performa se responsif dan (mungkin) seirit NMP, dengan Body sekekar Yamaha Byson, plus riding style byson. dilengkapi dengan kaki kaki segahar Byson Plus rem cakram belakang ala NMP . . . xixixixi ngawur,
_________